Seanane.com – Bila seminggu lalu muncul berita klaim honda sonic 150r rusak di Jawa Barat,kini gantian Semarang menjadi trending topik. Beberapa hari lalu postingan klarifikasi di grup facebook Miksemar (Media Informasi Kota Semarang) ramai jadi bahasan. Yaitu mengenai komplain new honda vario 150 bermasalah yang berakhir dengan surat pernyataan bermeterai. Memangnya sepeda motor terbaru honda vario 150 ada masalah apa? Sebenarnya bukan masalah serius,tapi komplain sang pemilik atau konsumen berbuntut surat pernyataan bermeterai.

kasus mika retak new honda vario 150

Sebuah produk buatan manusia tentu tidak ada yang sempurna,selalu ada kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan sepeda motor,diantara yang telah beredar pasti ada yang bermasalah. Permasalahan yang terjadi bisa ringan sampai berat,tapi bukan itu yang akan kita soroti. Yang akan kita soroti adalah bagaimana sebuah company menerima komplain dari konsumen dan penanganannya.

klaim mika retak new honda vario 150 ditolak

 

kronologi komplain new honda vario 150 bermasalah

“Saya beli motor honda new vario 150 warna silver di dealer honda CM Jaya Thamrin, kurang lebih 2 bulan lalu. Waktu saya mencuci motor,saya lihat lampu depan mengalami keretakan sampai mengembun. Saya telpon ke honda jakarta,barangkali ada masalah produksi atau bagaimana. Dari honda jakarta menyarankan untuk ke ahass dealer CM Jaya untuk dilakukan pengecekan. Setelah saya ke ahass tersebut,saya bertemu dengan koordinator bengkelnya dan disarankan motor ditinggal karena mau dilepas semua dan diklaimkan ke astra honda.

Setelah 2 hari,saya dikabari lampu motor tidak bisa diklaim dengan alasan motor saya pernah nabrak. Dan dengan tuduhan juga body bagian depan sudah amplasan dan cat-catan baru. Dari pihak CM Jaya lalu menyarankan datang ke astra honda gajahmada untuk melakukan pengecekan. Dan ternyata astra honda gajahmada sudah dapat laporan dari CM Jaya, “kalau nanti ada komplain motor new honda vario 150 silver kondisi lampu retak dan bilang kalau motor tersebut pernah nabrak”. Setelah dicek di astra honda, pihak astra bilang body depan sudah mengalami cat ulang jadi tidak bisa diklaim di astra honda dan diminta kembali lagi ke CM Jaya.

Saya menuju ke CM Jaya lagi dan melakukan klaim lagi dan bilang apa yang sudah dijelaskan di astra. Saya bertemu lagi dengan koordinator bengakelnya lagi dan dari pihak dealer CM Jaya tidak bisa membantu klaim. Dengan dalih motor saya pernah nabrak dan diamplas dan dicat ulang. Padahal saya beli dari baru,saya tidak pernah mengalami nabrak apapun. Tetapi pihak CM Jaya tetap menuduh saya seperti itu,sampai saya mengatakan apa motor saya ini bodinya palsu? Apa dealer ini ngasih saya barang repair?

Saya curhat seperti ini,saya bilang dari pihak dealer CM Jaya akan posting di sosial media. Dan pihak dealer bilang “monggo”. Kalau ndak ada klaim masalah lampu,saya ndak tau kalau body depan saya ternyata sudah cat2an ulang bukan pabrik. Saya merasa dirugikan dari pihak dealer karena tidak ada solusi sama sekali,malah seakan akan nuduh saya nabrak”.

mika lampu new vario 150 retak

surat pernyataan bermeterai komplain new honda vario 150 bermasalah

surat meterai klaim new honda vario 150

Komplain new honda vario 150 yang mengalami masalah,pertama kali diposting pada grup facebook MIKSEMAR tanggal 25 Juli 2018. Kemudian pada tanggal 28 Juli 2018 sang pemilik motor melakukan klarifikasi dan memposting lagi di grup facebook MIKSEMAR beserta surat pernyataan bermeterai 6000 rupiah. Surat pernyataan bermeterai tersebut ada 2 lembar dengan isinya sebagai berikut :

 

“Menyatakan bahwa untuk kasus reflektor retak vario 150 sudah terselesaikan dengan baik dengan  pergantian reflektor lampu depan dalam bentuk layanan (bukan klaim garansi). Untuk cover depan juga akan dilakukan pergantian dalam bentuk layanan (bukan klaim garansi). Pergantian tersebut dilakukan dalam kurun waktu 2-3 bulan menunggu part tersebut tersedia. Dikarenakan part tersebut memang masih dalam kondisi indent. Ditegaskan bersama bahwa untuk kasus ini bukan cacat pabrik/produksi. Dan sudah dicek/disetujui oleh PIC dealer dan PIC klaim MD HSO Semarang”.

surat pernyataan bermeterai konsumen menghapus postingan komplain new honda vario 150

surat pernyataan klaim new honda vario 150 bermasalah

“Menyatakan akan menghapus postingan saya di medsos group MIK SEMAR yang terbit pada hari Rabu tanggal 25 Juli 2018. Dikarenakan dealer sudah memberikan solusi dan penggantian part yang rusak dalam kurun waktu 2-3 bulan. Saat ini part tersebut dalam proses indent. Demikian surat pernyataan ini saya buat. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih”.

 

klaim new honda vario 150

komplain new honda vario 150 kena meterai

Sumber : MIKSEMAR, stayokayontheroad.

Iklan